Blog Ini Masih Dalam Tahap Pengembangan

Jumat, 20 April 2012

Dialog Interaktif GAFATAR di Radio Republik Indonesia Tarakan


Tarakan, Sabtu (GAFATAR-D01) -  Pada Tanggal 17 Maret 2012 GAFATAR DPK  Kalimantan Timur mendapat undangan dari Forum Komunikasi Kewaspadaan dan Kebangsaan antar Masyarakat (FK3M), untuk melakukan dialog interaktif  dengan tema “Pelestarian Nilai-Nilai Luhur Pancasila” di Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Tarakan. FK3M merupakan Organisasi Kemasyarakatan yang dibentuk untuk kewaspadaan dini terhadap konflik horizontal sebagai wadah untuk dapat mengkomunikasikan seluruh elemen masyarakat.  Kegiatan dialog ini merupakan acara rutin bulanan FK3M di RRI Tarakan.

 Narasumber dari dialog interaktif ini adalah Bapak Drs. Awang Asmauddin M.Si., selaku Ketua FK3M. Bung Safri Tsalassa. S.E, selaku Ketua DPK GAFATAR Balikpapan. Bung Kemas M. Fachruddin A.Md selaku Wakil Ketua DPK GAFATAR Balikpapan dan Bung Muhammad Noor S.Sn perwakilan dari DPC GAFATAR Tarakan dengan judul bahasan dialog interaktif.

Bapak Awang membuka dialog dengan mengemukakan bahwa, untuk melestarikan  nilai-nilai luhur pancasila tersebut,  ada beberapa hal tidak boleh dilupakan. Sejarah perjuangan pendiri bangsa hingga dapat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara, Pemahaman Pancasila sebagai filsafat ilmu yang dapat dipertanggung jawabkan, Pancasila sebagai yuridis yang memiliki dasar-dasar hukum dan yang paling penting adalah aplikasi nyata dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri.

Dalam kesempatan ini juga GAFATAR berkesempatan mensosialisasikan diri sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang berlandaskan dengan Pancasila dan UUD 1945 dan juga mengenai visi, misi dan aksinya yaitu mengenai terwujudnya tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal  bukan hanya dalam teori saja namun juga aplikasinya yang nyata dan langsung dapat dirasakan oleh masyarakat yang disampaikan oleh Ketua dan Wakil Ketua DPK Balikpapan Kalimantan Timur.

Dari dialog interaktif yang berlangsung selama satu jam dengan warga Tarakan, melalui telepon-telepon yang masuk ke studio. Warga tarakan menyambut baik dengan adanya pelestarian nilai-nilai luhur Pancasila. Apalagi ada ormas yang sudah secara nyata mengaplikasikan langsung dalam kegiatan di masyarakat dan berkomitmen untuk tidak akan masuk dalam percaturan politik praktis. Masyrakat menilai bahwa Kegiatan-kegiatan yang dapat membangkitkan kembali wawasan kebangsaan harus dapat ditumbuhkan kembali.

Memang untuk menjadikan bangsa Indonesia ini sebagai bangsa yang besar perlu suatu perjuangan pengorbanan. Pancasila sebagai dasar negara tidak hanya dijadikan simbol, namun juga harus dijadikan sebagai sebuah karekter setiap warga Negara dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh elemen masyarakat baik itu pemerintah, masyarakat dan swasta.

Editor : Gerry L Yudistira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar